DISKAN DONGGALA GELAR BIMTEK “PENANGKAPAN IKAN MENGGUNAKAN BEACH SEINE”

Pasang Iklan Hubungi: 085329304040

Updateterkini – Donggala

Pemerintah Kabupaten melalui Dinas Perikanan Donggala, melatih para nelayan melalui bimbingan teknis (bimtek) penangkapan ikan menggunakan beach seine, dan penyerahan sarana prasarana perikanan program pembangunan perikanan Kabupaten Donggala 2023.

Kepala Dinas Perikanan Donggala, Ali Assagaf mengatakan, pelatihan teknis alat penangkapan ikan beach seine atau alat tangkap setengah lingkaran, dilaksanakan untuk mendorong kualitas layanan pendidikan teknis Pemkab Donggala tahun anggaran 2023, dan diikuti sebanyak 80 pelaku usaha perikanan.

“Bantuan yang diberikan, merupakan tindak lanjut usulan masyarakat melalui forum perencanaan pembangunan, yang mengedepankan prinsip anggaran berbasis kinerja, dengan mempertimbangkan skala prioritas,”diserahkan langsung oleh bupati Donggala Kasman Lassa secara simbolis terangnya.

Ali memaparkan, beberapa kegiatan peningkatan kapasitas nelayan untuk kualitas layanan dasar pendidikan teknis tahun 2023 telah dilaksanakan, di antaranya di Desa Tambu Kecamatan Balaesang pada Kamis (21/9/2023).

Ia menguraikan, pelaksanaan pelatihan tersebut setidaknya memuat empat poin penting terhadap terwujudnya visi Pemkab Donggala.

Pertama, penguasaan teknologi alat tangkap ikan setengah lingkaran berbasis skala rumah tangga terjangkau. Kedua, pemberdayaan nelayan pesisir skala kecil, untuk motivasi peningkatan kualitas SDM nelayan yang maju dan mandiri. Ketiga, terciptanya komitmen dan konsistensi untuk terus mendorong peningkatan produktivitas produksi usaha nelayan, pembudidaya ikan, pengolah dan pemasar ikan. Lalu keempat, terjalinnya sinergitas antarpelaku usaha perikanan, untuk penguatan kelembagan usaha nelayan.

Ia menjelaskan, peningkatan kualitas pelaku usaha perikanan dapat dilaksanakan melalui bimtek, sekolah lapang, dan pelatihan teknis perikanan, yang merupakan penjabaran dari program pembangunan perikanan.

Pasang Iklan Hubungi: 085329304040

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terkait