DISKAN DONGGALA GELAR BIMTEK “RUMPON BERBASIS FISHING GROUND” KEPADA NELAYAN DI SOJOL UTARA

Pasang Iklan Hubungi: 085329304040

Updateterkini – Donggala

Dinas Perikanan Kabupaten Donggala menggelar bimbingan teknis (bimtek) rumpon berbasis fishing ground dan penyerahan bantuan sarana dan prasarana perikanan, di Desa Pesik Kecamatan Sojol Utara, Selasa (5/9/2023).

Bentuk perhatian itu, antara lain konsistensi anggaran pembangunan dari tahun ke tahun melalui Dana Alokasi Umum (DAU), Dana Alokasi Khusus (DAK), dan tugas pembantuan.

Bupati Donggala, Kasman Lassa dalam sambutannya mengatakan, Pemkab Donggala terus memberikan perhatian kepada Pemerintah Kecamatan sampai ke desa yang memiliki sumberdaya perikanan, dalam rangka mendorong pembangunan sektor kelautan dan perikanan yang maju, sejahtera, berdaya saing, mandiri, berkarakter dan berpijak pada kearifan lokal.

Bupati menjelaskan, peningkatan kualitas pelaku usaha perikanan dilaksanakan melalui bimbingan teknis, sekolah lapang dan pelatihan teknis perikanan, yang merupakan penjabaran dari program pembangunan perikanan.

Bimtek tersebut diikuti 70 pelaku usaha perikanan. Penyerahan bantuan sarana dan prasarana perikanan dilakukan sebagai tindak lanjut usulan masyarakat, yang disampaikan melalui forum perencanaan pembangunan.

Bantuan tersebut diberikan kepada tujuh Kelompok Usaha Bersama (KUB), empat kelompok pembudidaya ikan skala tradisional, dan tiga kelompok pengolahan dan pemasaran hasil perikanan UMKM perikanan.

Bupati berharap, bantuan sarana dan prasarana perikanan tangkap, perikanan budidaya, perikanan olahan dan pemasaran hasil perikanan dapat memberikan dampak  wujud dari program dan kegiatan pembangunan perikanan tahun 2023, yaitu pemberdayaan masyarakat nelayan usaha perikanan tangkap, pemberdayaan pembudidaya kecil tradisional, dan pemberdayaan kemitraan peningkatan daya saing.

Di samping itu, juga dilakukan diversifikasi dan peningkatan mutu produk olahan hasil produksi UMKM, serta peningkatan konsumsi ikan per kapita per tahun.

Bupati juga menyampaikan, lompatan peningkatan produksi akan bertumpu pada usaha perikanan tangkap, usaha perikanan budidaya dan usaha perikanan olahan, dengan peningkatan produksi perikanan yang diharapkan dapat terealisasi mencapai sebesar 37.838 ton pada tahun 2023.

Pasang Iklan Hubungi: 085329304040

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terkait