PESAN MOH. YASIN Plt. BUPATI DI MOMENT HARKANAS KE-10 KABUPATEN DONGGALA

Bupati Donggala menghadiri Peringatan Hari Ikan Nasional ke-10 di Desa Panggalaseang Kecamatan Sojol
Pasang Iklan Hubungi: 085329304040

Pemerintah Kabupaten Donggala memperingati Hari Ikan Nasional (Harkannas) ke-10 di Desa Panggalaseang Kecamatan Sojol. Melalui Dinas Perikanan Kabupaten Donggala juga menggelar berbagai ajang Perlombaan untuk masyarakat Nelayan, pada Hari Selasa (21/11/2023).

Lomba yang digelar antara lain menggambar tingkat SD, masak serba ikan, makan ikan, usaha olahan perikanan, atraksi perahu, keahlian menangkap sidat rano dan sidat talaga, memancing ikan serta stand up comedy

Tidak hanya itu, Diskan Donggala juga membuka pasar murah ikan segar, gerakan bantuan bahan baku ikan cegah stunting, serta melaksanakan gerakan bakar ikan, yang dihadiri Bupati Donggala, Moh Yasin, Wakil Ketua II DPRD Kabupaten Donggala, Asis Rauf, dan Ketua Forikan Kabupaten Donggala, Fany Sirey Mowar T.

Plt Bupati Donggala, Moh Yasin, berharap kegiatan Hari Ikan Nasional (Harkannas) yang diadakan oleh Dinas Perikanan dan Pemerintah Kecamatan Sojol dapat membantu mengurangi angka Stunting di Kabupaten Donggala.

Pernyataan tersebut disampaikan oleh Bupati Yasin dalam sambutannya saat membuka kegiatan Harkannas di Desa Panggalasiang, Kecamatan Sojol, Kabupaten Donggala, Propinsi Sulawesi Tengah. Menurutnya, harus optimis target prevalensi stunting 14 persen pada 2024 akan tercapai, dengan target penurunan sebesar 3,8 persen per tahunnya.

“Untuk meningkatkan konsumsi ikan per kapita per tahun menjadi 48,90 kg, sesuai dengan amanat RPJMD Kabupaten Donggala. Upaya ini diharapkan tidak hanya memberikan dampak positif pada kesehatan masyarakat, terutama dalam menurunkan angka Stunting,” tambahnya.

Yasin juga menyatakan, upaya tersebut akan menjadi pendorong pertumbuhan ekonomi di daerah. Perekonomian Kabupaten Donggala mengalami penurunan sejak tahun 2020, menurun dari 5% menjadi 4,7%, dan saat ini mencapai 3,8%. Penurunan ini mengindikasikan rendahnya produktivitas, khususnya di sektor pertanian dan perikanan.

Untuk mengatasi tantangan ini, ia memerintahkan Kepala Desa dan Camat untuk mengambil langkah strategis dalam meningkatkan produktivitas di tingkat lokal, dengan fokus pada sektor pertanian dan nelayan sebagai andalan potensial.

“Dengan strategi ini, pemerintah daerah berharap dapat menurunkan angka Stunting, memulihkan pertumbuhan ekonomi, serta mendorong sektor-sektor potensial untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara keseluruhan,” tegas Yasin.

Kepala Diskan Donggala, Ali Assagaf menjelaskan dalam laporannya bahwa kegiatan tersebut bertujuan mendorong semangat untuk mencapai target konsumsi ikan 48,90/kg/kapita/tahun dari angka nasional menjadi 59,6/kg/kapita/tahun untuk tahun 2023.

Di samping itu, untuk mencapai target produksi perikanan tahun 2023 sebanyak 37.838 ton, serta menurunkan angka stunting dari 32,04 persen menjadi 21 persen di 2023.

Tujuan lainnya, dalam rangka pengendalian inflasi dari 5,21 persen di 2022 menjadi 3-2 persen di 2023, termasuk untuk mendorong penuntasan kemiskinan yang berada di angka 16,30 persen pada 2022 menjadi 14,20 persen di 2023.

Masih kata Ali Assagaf “Kegiatan ini sangat mendapat respon dari Masyarakat, ini dapat kita lihat dengan kehadiran pengunjung sekitar 1300 orang datang menyaksikan Harkanas kali ini yang diadakan di Desa Panggalasiang, Kecamatan Sojol, Donggala,” Ujar Kadis Perikanan.

Lanjut kata Ali, pada kegiatan ini pihaknya juga menyediakan ikan segar sebanyak 1,3 ton untuk di bagikan kepada 320 warga yang stunting terbagi dari 8 dusun khususnya di Desa Panggalasiang dan di serahkan langsung oleh Bupati Donggala.

Selain itu, di peringatan Hari Ikan Nasional ke-10 kali ini, sasaran dan tujuan utamanya adalah untuk memacu pertumbuhan ekonomi Masyarakat di daerah terpencil, dengan memberi semangat dan dorongan kepada para pelaku UMKM agar lebih kreatif dalam mengolah makanan berbahan baku ikan.

“Kami juga sangat bangga karena mendapat penghargaan dan apresiasi dari Bupati Donggala, atas kepedulian terhadap penurunan angka stunting di Kabupaten Donggala. Sehingga kami akan tetap menjadi garda terdepan dalam menekan angka stunting di Donggala secara terintegrasi,” tutup  Kadis Perikanan itu dengan optimis.

 

Pasang Iklan Hubungi: 085329304040

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terkait